7 Cara Menerapkan SEO Pada Website Berbasis WordPress Paling Simpel

  • Home
  • SEO
  • 7 Cara Menerapkan SEO Pada Website Berbasis WordPress Paling Simpel

Share this:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Artikel

Jika ditanya CMS apa yang paling banyak digemari untuk membuat website, maka sebagian besar orang akan menjawab WordPress. Karena platform membangun website satu ini sudah terbukti sebagai salah satu yang SEO Friendly.

Selain itu, CMS satu ini juga memiliki komunitas developer yang besar dan saling memberi dukungan untuk pengembangan dan update WordPress. Maka wajar jika CMS ini banyak digunakan oleh orang banyak.

Selain itu, WordPress mudah untuk dilakukan proses Search Engine Optimisation. Karena tersedia berbagai macam plugin yang mudah untuk menerapkan SEO di dalamnya. Mulai dari plugin All In One SEO Pack, Yoast, Rankmath, dan masih banyak plugin-plugin lain yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu.

wordpress plugin.png

Sumber: pngkit.com

Cara-cara menerapkan SEO Pada WordPress Yang Paling Simpel

Untuk kalian yang baru saja mulai menerapkan SEO pada situs berbasis WordPress, berikut kami jabarkan 7 cara simpel yang bisa kalian lakukan pada pengaturan WordPress Anda. Lakukan hal-hal ini sebelum menggunakan plugin SEO.

Persiapkan diri Anda, dan catat setiap cara-cara berikut ini yang bisa membantu situs Anda muncul di halaman pertama dengan optimal.

Cara 1 – Masukan Keyword Utama di Site Title

Masuk ke bagian pengaturan (settings) -> umum (general), kalian bisa menemukan site title yang bisa diubah sesuka kalian atau sesuai kebutuhan kampanye SEO.

blank
Menambah Site Title & Deskripsi (tagline) untuk SEO

Saran terbaik dari kami, gunakan target keyword utama pada halaman home dengan mengganti judul sesuai dengan keyword yang sedang Anda kejar. Cara penerapan SEO ini cukup ampuh untuk mendongkrak homepage kalian dengan target keyword yang ingin dicapai.

Cara 2 – Jangan lupa untuk menargetkan sinonim keyword pada deskripsi situs.

Setelah menargetkan keyword utama di site title, kini tambahkan sinonim pada deskripsi situs.

Di pengaturan WordPress yang sama, kita bisa menambahkan deskripsi situs yang juga berperan sebagai heading pada bagian home. Dengan menambahkan sinonim dari kata kunci yang ingin kita bidik, hal ini menambah peluang terhadap algoritma SEO dan machine learning.

Cara 3 – Ubah settingan permalinks pada postingan Anda

Secara default, url postingan wordpress adalah https://nama-situs/tahun/bulan/nama-artikel/

Struktur ini menurut para ahli SEO sangat tidak disarankan. Sebagian meyakini bahwa struktur permalink seperti https://nama-situs/nama-artikel/ atau https://nama-situs/kategori/nama-artikel/ akan lebih direkomendasikan.

cara ganti permalinks untuk SEO
Cara ganti permalinks untuk SEO

Untuk mendapatkan struktur seperti itu, kalian bisa mengganti settingan permalink sesuai dengan rekomendasi yang disebutkan diatas. Cara penerapan ini pun cukup ampuh agar faktor SEO kalian lebih besar, dan berpotensi unggul di halaman pertama mesin pencari.

Cara 4 –Gunakan logo atau gambar yang diberi nama sesuai target keyword

Menambahkan keyword dalam nama gambar yang akan ditampilkan pada website merupakan cara yang efektif agar memperbesar peluang SEO WordPress kita optimal.

blank
Tambah keyword pada gambar untuk SEO di Guttenberg editor

Gunakan keyword atau sinonim dari keyword yang ingin Anda bidik, lalu jadikan nama gambar. Dengan begitu, gambar tersebut bisa muncul pada halaman pencarian gambar. Cara ini efektif dan mampu menambah trafik website Anda.

Cara 5 – Gunakan Heading Yang Emosional, namun tidak berlebihan

Tentu Anda sering menemukan judul-judul yang bombastis di situs-situs media, cara ini dikenal oleh banyak pakar sebagai “click bait”.

Namun menggunakan heading yang emosional atau memiliki power word, terhitung cukup ampuh sebagai cara melakukan SEO saat ini. Dengan menggunakan power word, artikel Anda akan lebih unik dan menonjol, dengan begitu user akan mengklik dan melihat isi artikel Anda.

Perhatikan bahwa judul yang bombastis tidak selalu berhasil, oleh sebab itu bijaklah dalam menyusun judul yang perlu agar memancing audiens Anda mendapatkan pesan yang tepat.

Cara 6 – Kaitkan Sub Judul dengan sinonim target keyword

Banyak orang yang salah kaprah tentang bagaimana menyusun sub judul yang SEO friendly. Padahal cara terbaik untuk melakukan optimasi pada website adalah keterkaitan terhadap topik yang dibahas.

Anda bisa mengaitkan sub judul dengan memanfaatkan sinonim atau kesamaan kata dari target keyword yang sedang Anda bidik.

Cara 7 – Pastikan dalam 100 kata, terdapat kata kunci atau sinonim dalam bahasan artikel Anda

Kita tidak bisa memastikan bagian mana dari website yang akan dijadikan element pada hasil pencarian. 

Untuk itu, kita bisa mengakalinya dengan cara memasukan kata kunci atau sinonim dari kata kunci yang menjadi incaran kita dalam 100 kata pada paragraf yang sedang kita buat. Tidak perlu persis 100 kata, Anda bisa melakukan uji coba dengan memvariasikan posisinya, sesuai dengan kaidah yang ada.

Jika Anda kebingungan, Anda tentu bisa memilih menggunakan Jasa SEO Profesional yang kami miliki untuk membantu Anda menguasai halaman pertama mesin pencarian. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents

Get Digital Marketing Updates For Your Business